Sabtu, 02 Maret 2013

Peralatan Dan Perlengkapan Refil Tinta Printer

Peralatan Dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan
Ada beberapa peralatan yang mutlak dipunyai untuk menjalankan bisnis refill anda.


1. Suntikan
Ada beberapa ukuran suntikan, tetapi yang anda perlu cukup ukuran 10 dan 20 ml. Suntikan 10 ml dijual 1 paket dengan jarum tetapi suntikan 20 ml tidak dijual berikut jarum. Anda akan memerlukan kedua-duanya, suntikan dengan jarum dan tanpa jarum dalam proses pengisian. Untuk setiap warna gunakan suntikan yang berbeda. Anda bisa memperoleh suntikan ini di apotek terdekat, tetapi jangan kaget bila ada apotek yang menolak menjualnya kepada anda. Tidak semua apotek mau menjualnya secara bebas karena terikat peraturan, tetapi jangan khawatir pasti tetap ada yang mau penjual untuk anda.

2. Tinta
Tinta bagi bisnis anda sama seperti fungsi darah pada tubuh. Tinta yang harus anda punyai adalah warna hitam, magenta, light magenta, cyan, light cyan dan yellow. Ada yang memproduksi tinta secara universal, maksudnya satu jenis tinta bisa untuk semua jenis cartridge. Ada juga yang dijual untuk berdasarkan jenis catridge seperti khusus untuk HP, Canon dan Epson. Pilih tinta yang berkualitas terbaik dari distributor yang anda percaya, dan jangan pernah main-main dengan kualitas tinta. Tinta ada yang dijual dalam ukuran 100 ml dan 1 liter bahkan 1 galon. Biasanya jika anda membeli ukuran yang lebih banyak akan membuat harga beli tinta lebih murah dengan kualitas yang sama (Baca bab: Memilih Tinta Isi Ulang Yang Baik).

3. Printer
Banyak jenis printer yang diproduksi, tetapi untuk memulai usaha ini tidak perlu semuanya anda miliki. Printer berguna untuk memastikan hasil refill. Untuk jenis cartridge yang print headnya berada di printer, tidak perlu dimiliki. Jenis printer yang harus anda miliki adalah: a. Printer HP seri photosmart untuk jenis cartridge 56 dan 57, bisa juga digunakan untuk jenis cartridge 21, 22, 27, 28. Jika sulit diperoleh, cukup beli seri printer HP 3500 second (sudah tidak ada produk barunya), bisa untuk jenis cartridge 27, 28 dan 21 dan 22. b. Printer HP seri 890C dan atau 930 second dengan jenis cartridge 15, 23, 45, 78. c. Canon pixma iP 1880 bisa untuk cartridge PG 830, PG 40, Cl 831, Cl 41. jenis-jenis ini mungkin yang akan anda sering temui dalam menjalankan bisnis refill tinta. Sesuaikan dengan kebutuhan konsumen di daerah anda, karena setiap daerah mungkin mempunyai preferensi jenis printer yang berbeda.

4. Bor Tangan
Bor tangan dijual berupa manual atau menggunakan listrik. Usahakan punya kedua- duanya. Bor tangan ini berfungsi untuk melubangi cartridge atau menarik tutup lubang angin.

5. Cleaning Solution
Larutan ini berguna untuk mengencerkan tinta yang sudah membeku di dalam print head cartridge. Cara penggunaannya bisa dengan meneteskan larutan tersebut ke atas print head atau merendam cartridge dalam larutan tersebut (dijelaskan dalam bab ”Troubleshooting Cartridge”

6. Ekstraktor atau Bottom Filler
Alat ini bersifat multifungsi yaitu untuk membersihkan udara yang terjebak pada cartridge, mengurangi tinta akibat pengisian yang berlebih, menguras isi cartridge bahkan untuk melakukan pengisian (Lihat penjelasan detilnya pada bagian teknik pengisian serta Troubleshooting Cartridge).
Ekstraktor ada banyak jenisnya, tetapi yang anda perlu miliki adalah:
a. Ekstraktor untuk HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, Lexmark 17 dan Canon CL 41. b. Ekstraktor untuk HP 96 dan Canon PG-40. c. Ekstraktor untuk HP 15, 40 dan 45. d. Ektraktor HP 23 dan 78. e Ekstraktor HP 26 dan 29. lihat cara penggunaanya pada teknik pengisian.

7. Reseter Manual Epson
Reseter ini berfungsi untuk menetralkan kandungan memori pada chip epson. Jika tidak direset maka printer akan membaca cartridge tetap kosong walau sudah diisi tinta. Dan printer tidak akan bisa digunakan untuk mencetak kertas. Untuk cara penggunaannya silahkan lihat bagian ”resetter epson”.

8. Blue Tape
Blue tape digunakan untuk menutup print head cartridge black. Blue tape ini berfungsi menjaga print head dalam kondisi bagus jika tidak akan digunakan dalam waktu dekat. Jika dibiarkan terbuka, tinta akan mengering di print head dan tidak bisa digunakan untuk mencetak. Jangan gunakan blue tape untuk cartridge color karena akan menyebabkan warna terkontaminasi.

9. Vakum Tip
Fungsinya untuk menyedot tinta dari print head untuk jenis cartridge yang tidak ada alat ekstraktornya.

10.Glue Gun/ Power Glue
Cartridge yang anda lubangi butuh ditutup rapat kembali agar tidak terjadi kebocoran, bisa menggunakan glue gun (memakai listrik). Jenis cartridge yang dibuka bagian atas atau topinya lebih baik menggunakan power glue (lihat teknik pengisian manual).

Sumber www.manual-refill-handbook.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar