Rabu, 20 Desember 2017

Hal-hal ringan berikut, terkadang tidak disadari menjadi sebab printer bermasalah.

Memiliki printer yang prima, menjadi dambaan setiap user. Apalagi yang aktivitas ngeprintnya tinggi, gangguan printer menjadi momok tersendiri. Tahukan Anda kebiasaan ringan berikut menjadi penyebab printer kita ngadat.
1. Printer dibiarkan lama tidak terpakai.
Saat printer dipakai, tinta mengalir dari dalam kartij ke permukaan kartrij sebelum kemudian dicetak di kertas. Printer yang tidak dipakai lama, menjadikan kartrij mengakami kebuntuan, mulai dari yang ringat sampai akut. Ya, akan terjadi penyumbatan pada printhead. Sehingga hasil cetak tidak maksimal, tau bahkan tidak keluar hasil cetak.
2. Membiarkan terbuka tutup printer saat tidak dipakai.
Printer-printer terbaru sekarang dilengkapi dengan penutup printer. Untuk canon, mulai seri IP 1000 hingga sekarang, untuk merk HP dan Lexmark sejak awal kehadirannya sudah dilengkapi dengan penutup ini. Tujuannya, tentu agar printer terhindar dari benda-benda asing yang tidak diinginkan yang mengganggu proses loading kertas.
Entah sengaja atau nggak sempat, usai memakai printer, printer dibiarkan dengan kondisi penutup printer terbuka. Hal ini sering memicu masuknya barang asing ke badan printer: potongan kertas, uang logam, klip dan semisalnya. Dan ini terjadi.
3. Sering ganti merk tinta refil.
Walau terlihat sama, sering ganti merk tinta refil adalah satu hal yang tidak disarankan. Jika sudah cocok dengan merk tertentu, maka usahakan pada refil tinta berikutnya memakai merk yang sama.
Sekian dulu goresan kali ini, semoga bermanfaat./dz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar